Pages

Sistem Penunjang Keputusan 12

EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM

EIS

Executive Information System Executive Support Information System

Sistem yang menyediakan fasilitas yang fleksibel bagi eksekutif dan manajer tingkat atas untuk mendapatkan dan mencari data yang diperlukannya.

Kemampuan EIS

EIS tidak dirancang untuk menyelesaikan masalah EIS dirancang untuk memudahkan manajer untuk mencari data yang diperlukannya dari berbagai sumber informasi yang ada.


Aplikasi EIS ini dapat memberikan fasilitas kepada pemakai untuk memilih sendiri grafik, metode, model yang diinginkannya untuk mendapatkan informasi yang diperlukannya.

EIS memiliki perangkat yang dimiliki DSS yang digunakan eksekutif untuk memahami permasalahan atau peluang yang ada sehingga dapat mengembangkan strategi yang diperlukan.


Karakteristik EIS

Dapat digunakan untuk meringkas dan memeperoleh detail data Menyediakan analisis (trend analysis) dan kemampuan drill-down Dapat digunakan untuk mengakses dan memadukan data internal dan eksternal

Digunakan langsung oleh eksekutif tanpa perantara Dilengkapi fasilitas elektronik dan komunikasi (email, konferensi) Difasilitasi dengan adanya spreasheet (analysis data), bahasa query dan DSS, serta kalender elektronik.


sumber: Verdi Yasin

4 komentar:

~(‾▿‾~) Pengunjung Blog yang baik akan selalu meninggalkan Jejaknya (~‾▿‾)~